Berapa kira-kira harga Nexus 5 di Indonesia?

Friday, September 20, 20130 comments



Smartphone Google yang sekarang sedang menjadi rumor paling hangat dan paling dinanti, Google Nexus 5, diperkirakan akan dirilis pada pertengahan bulan Oktober. Kita semua tentu bertanya-tanya, berapa ya harganya?

Mari kita lihat ke belakang.
Setahun lalu, Google meluncurkan LG Nexus 4 pada bulan Oktober 2012. Di toko resmi Google, Google Play Store, LG Nexus 4 seharga 299 dolar untuk perangkat dengan kapasitas 8 GB dan 349 dolar untuk perangkat dengan kapasitas 16 GB. Harga tersebut terbilang sangat murah dibandingkan dengan Smartphone dengan level spesifikasi yang mirip, yaitu Samsung Galaxy SIII ataupun HTC One X yang dijual dalam kisaran 600an dolar.
Mengapa harga Nexus 4 lebih murah dibandingkan dengan smartphone lain? Jawabannya sudah kita ketahui bersama, karena subsidi dari Google.
Nah, karena tren ini, kita mungkin bisa memperkirakan bahwa harga Nexus 5 akan seperti Nexus 4. Saya menduga harga Nexus 5 kemungkinan tidak jauh dari angka 349an dolar atau 3 (tiga) jutaan.
Melihat spesifikasi Nexus 5 yang sangat gahar (5-inch Full HD, prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 800, dukungan LTE dan Android 4.4 KitKat) harga tersebut tentu sangat murah bukan?  Hehehe. Sayangnya itu adalah perkiraan harga di Amerika. Kira-kira, berapa harga Nexus 5 di Indonesia?

Nexus 5 yang dijual di Indonesia tentunya bukan diperoleh dari Google Play Store, karena di Indonesia tidak ada layanan tersebut. Sehingga, seperti halnya Nexus 4, Nexus 5 dapat diperoleh di toko-toko biasa.
Nah, harga di toko biasa dibandingkan dengan Play Store sangat njomplang. Bila di playstore Nexus 4 dijual dengan harga 3,5 jutaan, maka di toko biasa dijual dengan harga 5,5 jutaan saat pertama kali dirilis. Hal ini mungkin disebabkan karena ada biaya shipping dan pajak. Sangat jauh bedanya, 2 jutaan.
Sekarang, hampir setahun kemudian, Nexus 4 dijual dengan harga mulai dari 4,5 jutaan.

Dari pengalaman tersebut, maka saya memperkirakan bahwa Nexus 5 akan dijual seharga 5,5 - 6,5 jutaan di Indonesia. Tetapi saya berharap, semoga perkiraan saya meleset, sehingga harganya dibawah itu. :D

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMARTPHONEZONES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger