10 Fitur Baru dari Android KitKat

Saturday, November 2, 20130 comments

Google telah kembali meluncurkan Sistem Operasi Android terbarunya yaitu Android 4.4 KitKat (sebelumnya banyak orang mengharapkannya sebagai Android 5.0 Key Lime Pai). Ponsel Nexus 5 menjadi ponsel pertama yang memakai sistem operasi Android  terbaru ini. Sistem operasi Android ini tentunya membawa fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan sistem operasi Android sebelumnya. Nah, berikut ini kami sajikan fitur-fitur Android 4.4 KitKat tersebut.

1. OK Google
ok google

Fitur ini mula-mula hadir pada Smartphone terbaru dari perusahaan pembuat ponsel asal Amerika Motorola, yang kini telah diakuisisi oleh Google, yaitu Motorola Moto X. Google membawa fitur ini ke Android KitKat. Hanya dengan mengatakan "OK Google", kita dapat mengaktifkan ponsel tanpa harus menyentuhnya. Kita dapat pula memerintahkan pencarian, mengirimkan pesan, mencari panduan arah saat mengemudi, atau memutar lagu. Semua hanya dengan menggunakan perintah suara.

2. Album-Art dengan layar penuh
 
Seringkali pada saat kita memutar musik dengan menggunakan Google Play Music, layar ponsel kita terkunci dengan sendirinya karena sistem lock otomatis yang kita atur. Meskipun terkunci, tetapi ponsel Android tetap menampilkan menu album art untuk musik yang sedang kita putar itu. Nah, pada saat layar ponsel dalam keadaan terkunci, pada Android KitKat, tampilan layar yang terlihat untuk album art itu akan selalu dalam keadaan penuh atau fullscreen.

3. Immersive Mode 

Pernahkah Anda membandingkan layar ponsel Nexus 4 dengan Samsung Galaxy S3? Layar Nexus 4 dan Samsung Galaxy S3 tidak berbeda jauh ukurannya. Nexus 4 menggunakan layar berukuran 4,7 inchi, sedangkan Samsung Galaxy S3 menggunakan layar 4,8 inchi. Sepintas sepertinya kedua ukuran layar ini tidak begitu berbeda. Tetapi, bila kedua ponsel ini disandingkan, maka perbedaan tampilan layar kedua ponsel ini akan sangat mencolok. Hal ini disebabkan karena Samsung Galaxy S3 masih menggunakan tombol fisik, sedangkan Nexus 4 tidak. Tampilan Nexus 4 memang menjadi lebih indah karena tidak menggunakan tombol fisik, namun sebagai gantinya layar Nexus 4 menjadi 'berkurang' karena digunakan untuk 'navbar' sebagai pengganti tombol fisik. Navbar atau navigation bar ini pada Nexus 4 dan ponsel lain yang masih menggunakan Android Jelly Bean ke bawah, berwarna hitam. Itulah yang menyebabkan layar Nexus 4 menjadi lebih sempit dibandingkan Samsung Galaxy S3.
Nah, kekurangan ini sekarang sudah bisa diperbaiki di Android KitKat. Berbahagialah pengguna Nexus 4! Fitur Immersive mode yang baru ini memberikan pengalaman full screen yang menyembunyikan semua tombol kontrol (navigation bar dan notification bar) saat membaca ebook, menonton film, dan bermain game. Navbar dan nobar bahkan tampak transparan pada Nexus 5. Dengan mengusap pada pinggir layar, navbar dan nobar dapat tampak kembali.

4. Perbaikan pada Multitasking
perbaikan pada multitasking

Android KitKat memiliki performa yang lebih baik. Hal ini didapatkan dari optimasi memori dan perbaikan layar sentuh sehingga respon ponsel akan lebih cepat dan lebih akurat.

5. Prioritas Untuk Kontak
prioritas kontak

Aplikasi telephone pada Android Kitkat secara otomatis akan memprioritaskan kontak yang paling sering dihubungi. Jadi, misalnya orang yang paling sering Anda hubungi, atau yang paling sering menghubungi adalah pacar Anda, maka pacar Anda itu akan berada dalam daftar teratas kontak pada ponsel Anda secara otomatis.

6. Built-in Device Manager

Built-in Device Manager
Android Device Manager, yang digunakan untuk menunjukkan lokasi ponsel, dan untuk menghapus data dari jarak jauh saat ponsel hilang atau dicuri, kini ada dalam Android KitKat.

7. Perbaikan Identitas Kontak
 Perbaikan Caller ID

Seringkali kita menerima paggilan telephone dari orang yang tidak terdaftar nomornya dalam ponsel kita. Nah, Android KitKat akan mencari siapa pemilik nomor tidak dikenal tersebut dari daftar lokal di Google Map.

8. Integrasi SMS dan MMS dengan Google Hangouts
 Integrasi SMS dan MMS dengan Google Hangouts

Aplikasi Google Hangouts yang baru dalam Android KitKat kini digabungkan dengan SMS dan MMS. Jadi, untuk mengirimkan pesan menggunakan SMS, kita harus membuka Google Hangouts.

9. Emoji pada Google Keyboard
Emoji pada Google Keyboard

Emoji kini dihadirkan secara default pada Android KitKat.

10. Sistem Cetak/Printing

 Sistem Cetak/Printing
Para pengguna Android KitKat dapat secara langsung mencetak dokumennya langsung dari ponsel atau tablet. Proses cetak dapat dilakukan dengan menggunakan printer yang tersambung dengan Google Cloud Print, HP eprints printer, dan sebagainya.

Via: IBNlive
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMARTPHONEZONES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger