Nexus 5 vs Smartphone Flagships Android Lainnya

Friday, November 15, 20130 comments

Smartphone produksi Google, Nexus, selalu menghadirkan fenomena tersendiri. Ponsel Google ini selalu menghadirkan spesifikasi yang hebat dan tidak kalah dengan ponsel utama produsen lain, tetapi dengan harga yang jauh lebih murah di Amerika. Nexus 4 contohnya, hadir dengan harga 300 dollar lebih murah dibandingkan dengan Samsung Galaxy S3.

Kini, Nexus 5 hadir dengan harga sekitar 200 dollar lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy S4.

Nah, karena harganya yang lebih murah, pada ponsel ini pasti ada sesuatu dikorbankan sehingga harga bisa ditekan dibandingkan ponsel lain sekelas yang lebih mahal. Pada Nexus 4 contohnya, ponsel ini memiliki kekurangan pada fitur LTE. Ponsel ini hadir tanpa LTE, meskipun ponsel lain sudah marak menggunakan fitur ini.

Bagaimana dengan Nexus 5? Apakah ponsel ini juga memiliki kekurangan dibandingkan ponsel flagships lainnya? Mari kita lihat tabel berikut:



Dari tabel di atas, kita dapat melihat perbandingan Nexus 5 dengan LG G2, HTC One, Samsung Galaxy S4, dan Sony Xperia Z1. Namun, untuk lebih jelasnya, mari kita lihat perbandingannya dengan indikator layar, kamera, perangkat keras, dan perangkat lunaknya.

1. Layar.
Semua ponsel di atas menghadirkan resolusi 1920 x 1080 piksel. Tetapi, dari besarnya layar, maka tampak bahwa layar HTC One akan paling tajam, karena ukuran layarnya hanya 4,7 inci. Sedangkan LG G2 akan paling tidak tajam karena menggunakan ukuran 5,2 inci. Nexus 5, Galaxy S4 dan Xperia Z1 akan berada di antara keduanya karena menggunakan layar sekitar 5 inci (Nexus 5 4,95 inci).

2. Perangkat Keras (hardware)
Nexus 5, LG G2 dan Xperia Z1 didukung oleh prosesor terbaru dari Qualcomm Snapdragon 800 yang merupakan prosesor quad-core dengan clock 2,26 GHz. Galaxy S4 dilengkapi dengan dua prosesor (berdarkan lokasi pemasarannyaa),  prosesor Exynos octa core atau Snapdragon 600 prosesor quad-core. Sedangkan HTC One didukung oleh Snapdragon prosesor 600 quad-core clock 1,7 GHz. Semua perangkat yang didukung oleh 2 GB RAM.

3. Kamera
Dari pengalaman sebelumnya, semua ponsel Nexus memiliki kekurangan pada bagian ini. Nah, pada Nexus 5 ini semoga kekurangannya bisa diminimalisir. Nexus 5 telah dilengkapi kamrea 8 mega piksel dengan OIS (optical image stabilitation) yang menjamin bahwa fotonya tidak akan kabur meskipun tangan kita bergoyang sedikit saat mengambil gambar.

4. Perangkat Lunak (software).
Nah, di sinilah letak keunggulan Nexus 5. Nexus 5 telah dilengkapi dengan Android KitKat, Os terbaru dari Google. Keunggulan ini akan hilang begitu para pabrikan ponsel lainnya mengupdate OSnya dengan Android Kitkat. Namun, bila nanti Google kembali menghadirkan OS Android baru, Nexus 5 akan selalu mendapatkan updatenya lebih dahulu.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMARTPHONEZONES - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger